PARIWISATAKALTIM.com

PARIWISATAKALTIM.com

AELI, perwujudan apakah ini ?

Sahabat wisata..

Pertama kali mendengar namanya begitu asing di telinga (Terutama bagi penulis, red.). Kami yakin sebagian besar sahabat wisata Kalimantan Timur juga demikian.

 

AELI merupakan kata singkatan dari Asosiasi Experiential Learning Indonesia, sebuah wadah bagi para pelaku atau bisa disebut pengguna metode pembelajaran  berbasis pengalaman  yang diakrabkan bahasanya sebagai metode EL (Experiential Learning). Tentu saja anggotanya adalah para penyelenggara pelatihan yang menggunakan aktifitas  luar ruangan sebagai mediumnya yang sering kita tahu sebagai “outbond training”.

Kalimantan Timur  menjadi satu-satunya Dewan Pengurus Daerah (DPD) AELI di pulau Kalimantan Saat ini yang dibentuk pada tahun 2017. Untuk itulah pada Rabu 02 Mei 2018 DPD AELI Kaltim yang di wakili oleh Bapak Irwan selaku Fasel Utama dan Assesor bersama dengan 17 orang anggotanya bersilaturahmi dan memperkenalkan diri kepada Dinas Pariwisata Kaltim yang bertajuk Sosialisasi AELI Kaltim di ruang rapat Sapta Pesona lantai 2 Dispar Kaltim.

 

Lebih dalam mengenai AELI dapat sahabat semua telusuri di website www.aeli.or.id.

 

Ditemui langsung oleh Kepala Dinas Pariwisata Kaltim Bpk.  Safruddin Pernyata ditengah kesibukan beliau dalam suasana yang akrab dan bersahabat.

 

Pariwisata dengan segala aktifitasnya menjadi isu yang menarik saat ini untuk diunggulkan dalam hal peningkatan kesejahteraan ekonomi yang menjadi sebab tingkat kebahagian masyarakat.

AELI “menangkap” industri pariwisata ini menjadi ruang gerak kegiatannya dalam memberikan pelatihan, pendidikan dan pemgembangan SDM.

 

Kadispar memberikan semangat dan kebanggaan terhadap potensi pariwisata Kaltim dengan mengajak peserta sosialisasi AELI menonton video –  video destinasi pariwisata Kaltim.

Siapa yang dapat menyangkal bahwa Kaltim merupakan potongan surga yang diciptakan Tuhan. Keindahan potensi wisatanya merupakan cerminan potensi – potensi wisata yang tersebar di nusantara bahkan dunia. Keindahan raja ampat ataupun Bunaken ada di Kepulauan Derawan.

Konservasi Orangutan di tanjung puting Kalteng, kita punya Taman Nasional Kutai di Kutai Timur,  Borneo Orangutan Survival (BOS)  di Samboja dan di kampung merasa Kec. Kelay Kab.  Berau.

Belum lagi keelokan Sungai Mahakam dan Pesut-nya, gugusan pegunungan Karst Sangkulirang Mangkalihat dan situs –  situsnya, dan lain sebagainya, ungkap Pak Espe.

 

AELI Kaltim diharapkan dapat terus berkembang kedepannya dengan memaknai aktifitas wisata menjadi bermakna tidak sekedar memanfaatkan waktu luang saja, lanjut Kadispar. [PRM].

 

Salam Pesona Indonesia,  Kalimantan Timur.!

TERKAIT

Komunitas VW Caravelle Kunjungi Kaltim Akhir Tahun Ini

Sahabat wisata … Selasa siang ini Dinas Pariwisata Provinsi Kalimantan Timur mendapat kunjungan tamu spesial yaitu Bapak Eko Suryo yang akrab disapa Pakde Eko di kalangan komunitas penggemar mobil Volkswagen

.....

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *