PARIWISATAKALTIM.com

PARIWISATAKALTIM.com

Kebun Raya Balikpapan – Pilihan Berwisata Yang Nyaman Sambil Mengenal Kekayaan Hutan Tropis Kalimantan #Catatansahabat

Kesejukan adalah nikmat …
Ketenangan adalah obat …
Hijau pepohonan, Kicau burung dan hembusan angin adalah suasana yang memikat …

Sahabat wisata ….


Ungkapan di atas adalah gambaran suasana di Kebun Raya Balikpapan yang disingkat KRB. Letaknya berada di Jl. Soekarno Hatta KM 15 sebelah kiri dari pusat Kota Balikpapan yang secara administratif berada di Kelurahan Karang Joang Kecamatan Balikpapan Utara, Kota Balikpapan Provinsi Kalimantan Timur.

Pastikan bahwa KRB menjadi pilihan berwisata yang nyaman yang berorientasi ramah lingkungan bersama dengan teman, sahabat dan keluarga.

Bagaimana tidak selain yang pasti banyak tumbuhan hutan tropis Kalimantan, KRB Balikpapan memiliki area yang sangat luas dengan semua fasilitas umum yang tersedia seperti toilet, mushola, parkir, area tracking, kantin dan gazebo untuk kebutuhan kenyamanan sahabat wisata semua. Terlebih lagi akses jalan yang baik dan mudah dijangkau.

Yang lebih menarik dan keunikan dari KRB Balikpapan yang perlu diketahui oleh sahabat wisata semua bahwa KRB Balikpapan menyimpan tumbuh-tumbuhan pohon khas Kalimantan seperti jenis-jenis durian Kalimantan, berbagai jenis anggrek khas kalimantan yang konon dari 700-an jenis anggrek di Kalimantan, KRB mempunyai 80-an jenis koleksi.


Pada area “Belian Park”-nya menyimpan koleksi tanaman-tanaman obat yang biasa di pakai oleh masyarakat Kalimantan Timur sejak dahulu seperti salah satunya bawang tiwai dan pasak bumi yang sangat terkenal tersebut.

Tanaman-tanaman yang di koleksi di KRB Balikapapan ini merupakan hasil eksplorasi dari hutan di Kalimantan, seperti penjelasan dari Bapak Trisno yang akrab di sapa nono yang bertanggungjawab di bidang konservasi (pembibitan, penanaman, eksplorasi dan pemeliharaan) di KRB Balikpapan.

KRB menempati area seluas 309,22 Hektare dan ini merupakan area yang sangat luas bahkan terluas di antara semua Kebun Raya yang ada di Indonesia.

Selasa 27 April 2018 kami bersama Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata Kota Balikpapan dan juga kawan media dari NET TV, MNC Media, TVRI Balikpapan dan Balikpapan TV berkesempatan berkunjung mengeksplorasi KRB Balikpapan didampingi oleh ibu Anytha Kepala UPT KRB Balikpapan dan tim.

Dijelaskan oleh Kepala Dinas Pariwisata Kalimantan Timur Bpk. Syafruddin Pernyata bahwa tujuan berkunjung ke KRB Balikpapan bersama dengan teman – teman media adalah untuk mengenalkan kepada masyarakat agar mempunyai alternatif atau pilihan lain untuk berwisata di Balikpapan, Wisata yang sehat, nyaman dan menambah ilmu pengetahuan.

Pada sore harinya kami bersama teman-teman media menyempatkan singgah ke destinasi baru yang berjarak 30 KM dari KRB Balikpapan ke arah kota Samarinda tepatnya di KM 45 Kelurahan Sungai Merdeka Kab. Kutai Kartanegara yaitu Bukit Batu Dinding yang sangat mempesona, yang akan kami ulas pesona keindahannya pada kesempatan lainnya.
Selamat Berwisata …. (prm)

TERKAIT

Buen Festival 2017

Penajam, Perhelatan Budaya yang menjadi Agenda Tahunan Besar PPU dalam Pelaksanaan Buen Festival 2017 Kembali akan digelar pada Bulan Agustus pada tanggal 4 – 6 Agustus 2017 yang dilaksankan di

.....

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *