PARIWISATAKALTIM.com

PARIWISATAKALTIM.com

Melihat Pesut Mahakam yang Legendaris #catatansahabat

Kita lanjutkan ke Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar). Kabupaten yang satu ini adalah salah satu andalan Pariwisata Kaltim. Dari segi Alam, Budaya dan Sejarah, Kukar merupakan satu kesatuan yang cukup komplit.

Ketika ke Kukar, sempatkanlah dan prioritaskanlah untuk menyusuri Sungai Mahakam, menemukan Pesut Mahakam (jika beruntung) dan singgah ke Danau & Desa Melintang.
Kita bisa mulai perjalanan dari Kecamatan Kota Bangun, lebih kurang 2 jam dari Tenggarong. Perjalanan dari Kota Bangun dilanjutkan menggunakan ketinting/kapal motor berukuran kecil, menyusuri Sungai Mahakam.


Nikmati berbagai aktivitas warga yang tinggal disepanjang tepi sungai mahakam dan jika beruntung kita dapat bertemu fauna kebanggaan Kaltim yaitu Pesut Mahakam/Lumba-lumba air tawar. Pesut Mahakam biasanya hidup berkelompok dan dapat ditemui dibeberapa lokasi sungai mahakam yang masih memiliki jumlah ikan yang banyak. Jumlah Pesut Mahakam saat ini diperkirakan kurang dari 100 ekor, hingga masuk dalam kategori terancam punah.

Diperjalanan kita juga dapat menikmati keindahan Danau Melintang, salah satu Danau terbesar di Kaltim dengan luas 11.000 Ha. Pemandangan Danau Melintang luar biasa eksotis ditambah dengan adanya Desa Melintang, sebuah Desa yang seluruh wilayahnya berada di atas Danau Melintang. Kita juga dapat melihat aktivitas para Nelayan di Desa Melintang, dari cara menangkap ikan hingga mengolahnya hingga menjadi ikan kering atau dalam bahasa lokal disebut “jukut pija”.


Belum ke Kaltim kalau belum liat Pesut Mahakam ? Gimana yang tinggal dari kecil di Kaltim tapi belum liat Pesut Mahakam 🙂 .
Yok Keliling Kaltim. Mirza/Exotic Kaltim

TERKAIT

Jumlah Wisman Kaltim Naik Jadi 402 Orang

Samarinda – Wisatawan mancanegara (wisman) yang berkunjung ke Provinsi Kalimantan Timur sebanyak 402 orang pada bulan Maret 2017, meningkat 80 orang dibanding bulan sebelumnya (Februari 2017) yang tercatat 322 orang.

.....

Sekelebat Hari Pariwisata Dunia

Samarinda, Hari ini Dunia sedang merayakan serta memperingati World Tourism Day atau Hari Pariwisata Dunia yang jatuh tepat pada tanggal 27 September setiap tahunnya. Hari Pariwisata Dunia telah memasuki tahun

.....

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *