PARIWISATAKALTIM.com

PARIWISATAKALTIM.com

Danau Beluq

Danau Beluq terletak diantara tiga kampong yaitu : kampong temula, kampong sembuan dan kampong dempar, dalam wilayah Kecamatan Damai. Jarak Danau Beluq dari pusat ibukota Kabupaten Sendawar/ Barong Tongkok kira-kira 30 km. disekeliling Danau Beluq ditumbuhi berbagai jenis kayu dan akar-akaran.

Di Danau Beluq yang lebih unik yaitu akar selungan uker (Kantung Semar) yang buahnya tidak dapat dimakan tetapi indah sekali buahnya seperti gelas ada yang seperti teko dan sebagainya. Air danau beluq sering digunakan untuk mencuci muka sebagai obat penghilang jerawat dan Danau Beluq yang mempunyai luas diperkirakan 25 hektar dengan kedalaman berkisar antara 100 meter sampai dengan 150 meter.

Konon asal usul Danau Beluq dimulai dari sebuah peristiwa beliat/ belian. Dilokasi Danau Beluq itu dulu (menurut cerita lisan) ada sebuah lamin besar yang memiliki 60 kamar. Pada suatu saat di lamin tersebut warga membuat acara adat belian, tiba-tiba ada seorang laki-laki memukul alat musik upacara adat belian dengan menggunakan ekor lutung/ kera sebagai alat pukul. Maka seketikan itu juga datang angin topan serta hujan badai yang disebut suku Dayak Benuaq “Dolag Elit Nayuq Sukar” dan berubahlah Lamin tersebut menjadi sebuah Danau yang disebut Danu Beluq.

TERKAIT

Riam Udang dan Riam Panjang

Banyak riam (jeram) di sepanjang sungai mahakam dan sungai cabangnya. Beberapa riam yang cukup terkenal dan menantang adalah riam udang, riam panjang, batok lapung dan napok hidah. Riam panjang berukuran

.....

Sungai Mahakam dan Pesut Mahakam

Di Kabupaten Kutai Barat Ibukota Sendawar telah mengalir Sungai Mahakam yang panjangnya lebih dari 920 Km berawal dari gunung batu Tiban membelah Kabupaten Kutai Barat Sendawar melewati Kabupaten Kutai Kartanegara

.....

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *