PARIWISATAKALTIM.com

PARIWISATAKALTIM.com

Pantai Tanjung Jumlai

Satu lagi kawasan yang menjadi ikon Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU) adalah Pantai Tanjung Jumlai. Pantai Tanjung Jumlai mempunyai lebar 100 sampai 150 meter dengan bentangan gari pantai sepanjang 15 kilometer membujur dari Kelurahan Tanjung Tengah, Saloloang, Kampung Baru dan Pejala, Kecamatn Penajam.

Kawasan pantai ini terkenal karena eksotis panoramanya, yang didukung pasir kwarsa kasar yang ada di kawasan itu, sehingga dasar laut dapat terlihat jelas. Bahkan ahli geologi laut dari sebuah Yayasan Pesisir yang pernah menangani kawasan ini menyebutkan, keindahannya sangat jarang ditemui di pantai lain di wilayah perairan Indonesia.

Dikawasan ini juga tersedia beberapa hectare arealnya sebagai tempat hiking (Perkemahan) dengan panorama alam lautnya. Perahu masyarakat juga bias disewa untuk melakukan perjalanan ke Gugusan Pasir Gusung, menyusuri kawasan Pantai Tanjung Jumlai.

Untuk menuju Pantai Tanjung Jumlai dapat menggunakan transportasi darat (angkutan pedesaan warna hijau) Trayek dari Terminal PPU – Petung dengan ongkos kurang lebih Rp. 10.000,- dan selanjutnya dilanjutkan menggunakan jasa ojek menuju lokasi pantai dengan ongkos Rp. 25.000,- sekali jalan. Atau dapt menggunakan kendaraan pribadi kerena lokasinya mudah dijangkau dan jalannya sudah diaspal.

fasilitas yang terdapat di objek wisata ini diantaranya kursi panjang yang tersebar di beberapa titik, Wc umum, Sewa ban, warung yang menjual berbagai jenis makan & minuman, bahkan terdapat Dermaga yang dapat dijadikan tempat istirahat dan berlindung dari terik sinar matahari atau bahkan tempat memancing. (foto: ilustrasi pantai)

TERKAIT

Pantai Lamaru

Gambaran Umum Pantai Lamaru merupakan obyek wisata dengan suasana yang relatif tenang menjadikan Pantai Lamarusebagai pilihan tepat untuk anda yang ingin bersantai. Selain itu dominasi pohon Cemara Pantai yang rindang

.....

Museum Mulawarman Negeri Provinsi Kalimantan Timur

a. Sejarah Museum Mulawarman Sejarah Museum Mularman tidak dapat dipisahkan dari sejarah budaya Kalimantan Timur secara keseluruhan. Berdirinya museum Mulawarman saat diberlakukannya Undang-undang Nomor 17 tahun 1959 membentuk daerah Tingkat

.....

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *