PARIWISATAKALTIM.com

PARIWISATAKALTIM.com

Gunung Batu Sangkulirang

Di daerah Pengadan, Sangkulirang terdapat lebih dari 100 Gua yang berpotensi baik karena keindahan gua tersebut dengan Stalagtit dan Stalagmit dan gambar Cadasnya. Bagi wisatawan minat khusus dan peneliti gua, diantara gua-gua tersebut adalah Gua Ampanas dan Mardua merupakan Gua yang paling indah dan unik untuk dikunjungi. Gua Ampanas terletak sekitar 7 km dari desa Pengadan, untuk menuju Gua Tersebut dapat menggunakan mobil lalu diteruskan dengan berjalan kaki sekitar 50 meter. Sebuah sungai kecil, yaitu sungai Ampanas mengalir dari mulut gua. Dan mulut gua itu sendiri berada sekitar 50 meter diatas permukaan sungai. Dari panjang berkisar 50 cm – 2 meter. Keluar gua dari mulut yang sama dapat ditemui ditengan sungai.

Temuan tim peneliti dari Prancis mengenai potensi kawasan Pengadan ini menunjuk Gua-gua di daerah Pengadan terdapat lukisan-lukisan berupa gambar negative cap tangan tiga susun, perhiasan, peralatan, patung, bahkan guci-guci China dan hewan. Dibeberapa Gua juga ditemukan bekas tempat pembakaran dan juga patung. Penemuan lukisan-lukisan di dinding Gua membuat gua ini mengundang perhatian berbagai pihak baik dalam maupun luar negeri khususnya bagi para ilmuwan dibidang ; Arkeologi, Geologi, Antropologi, Falenteologi, Sosial yang diarahkan dengan tujuan pelestarian seni budaya dan ilmu pengetahuan dan dari hasil penemuan bahwa gua-gua ini sudah dihuni beribu-ribu tahun yang lalu dimana manusia purba masih ada dan fosil-fosil binatang seperti gajah raksasa ditemukan di gua-gua ini.

Di gua ini kita dapat melakukan banyak kegiatan yang menarik seperti ; lintas alam, perkemahan, panjat tebing dan juga berendam pada pertemuan sumber air panas dan dingin menjadi satu sambil dipandu oleh pemandu wisata yang dibekali pengetahuan tentang proses dan sejarah terbentuknya gua serta peradaban manusia zaman dahulu kala.

Untuk menuju kawasan ini, jika perjalanan dimulai dari kita Balikpapan, maka kita perlu menggunakan jasa travel mobil Balikpapan – Sangata. Setelah sampai di kota Sangata (Kitai Timur), perjalanan dilanjutkan ke Sangkulirang melalui jalur darat sekitar 3 jam tepatnya di desa Pengadan. Dari Pengadan ke gua Anampas menempuh jarak 7 km menggunakan mobil yang dilanjutkan berjalan kaki sekitar 50 meter ke mulut gua.

TERKAIT

Pantai Tanjung Jumlai

Satu lagi kawasan yang menjadi ikon Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU) adalah Pantai Tanjung Jumlai. Pantai Tanjung Jumlai mempunyai lebar 100 sampai 150 meter dengan bentangan gari pantai sepanjang 15

.....

Air Terjun Tanah Merah

Air terjun Tanah Merah terletak sekitar 8,5 Km dari Terminal Lempake, tepatnya di Dusun Purwosari Kecamatan Samarinda Utara. Air terjun Tanah Merah memiliki ketinggian sekitar 15 meter. Air yang putih

.....

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *