PARIWISATAKALTIM.com

PARIWISATAKALTIM.com

Expedisi – explore Pulau Sabakatang, Desa Balabalakang, Kec. Simboro dan Kepulauan, Kab. Mamuju, Prov. Sulawesi Barat. Minggu 28-29 Oktober 2017.

Perjalanan yang mengasikkan ini terselenggara atas bantuan dan kerjasama Dinas Pariwisata Provinsi Kalimantan Timur dengan Ibu Sumariah [Persatuan Perempuan Wira Usaha Kalimantan Timur], Dinas Porapar Balikpapan juga Bapak Mujiono Kepala Basarnas untuk Kaltim dan Kaltara.

Menggunakan KN SAR WISANGGENI milik Badan SAR Balikpapan perjalanan menuju Balabalakang dapat ditempuh selama kurang lebih 4 sd 5 jam. Apabila menggunakan kapal biasa [seperti kapal nelayan Balikpapan – red.] dapat ditempuh kurang lebih 6 sd 7 jam.

Jarak ini masih bisa dijual untuk kebutuhan pariwisata, seperti halnya Denpasar – Gili Trawangan [lombok] atau Tarakan (Kaltara) – ke Pulau Derawan (kaltim) yang jarak tempuhnya kurang lebih 3 sd 4 jam – ungkap Kadispar Kaltim.

Pulau Balabalakang yang lebih tepatnya adalah desa Balabalakang, Kec. Simboro dan Kepulauan, Kab. Mamuju, Prov. Sulawesi Barat, merupakan gugusan kepulauan yang terdiri dari kurang lebih 12 pulau yang indah air jernih dan alam bawah laut mempesona dengan jarak rata-rata 1 jam perjalanan kapal nelayan.

Secara administratif desa Balabalakang masuk wilayah Provinsi Sulbar namun secara geografis pulau ini lebih dekat ditempuh dari Kalimantan Timur (Balikpapan, Penajam dan Paser).

Harapannya, potensi pariwisata yang besar di kepulauan ini pada masa mendatang akan sangat bermanfaat untuk peningkatan ekonomi masyarakatnya dan para pelaku usaha terutama yang berada di Balikpapan.Artinya, kita berharap kalau pulau tersebut banyak diminati wisatawan baik lokal maupun mancanegara, maka Kalimantan Timur terutama Balikpapan bisa menjadi pintu gerbang atau starting point untuk masuk ke pulau tersebut, dengan begitu hotel, jasa transportasi, kuliner dan toko cinderamata dapat lebih maju dan berkembang – kata Es Pernyata.

Karena itu dalam trip ini juga dihadiri media cetak dan electronik [MNC TV, ANTV, Net TV, TVRI Kaltim, Tepian TV, Kompas TV, detak dot com, Kaltim Post BPP – Red. ] juga pelaku usaha Hotel dan Transportasi Balikpapan – tambah ES Pernyata.
#balabalakang
#balabalagan
#pesonaindonesia
#kalimantantimur
#indotravellers
#holiday
#wonderfulindonesia

TERKAIT

Buen Festival 2017

Penajam, Perhelatan Budaya yang menjadi Agenda Tahunan Besar PPU dalam Pelaksanaan Buen Festival 2017 Kembali akan digelar pada Bulan Agustus pada tanggal 4 – 6 Agustus 2017 yang dilaksankan di

.....

Sekelebat Hari Pariwisata Dunia

Samarinda, Hari ini Dunia sedang merayakan serta memperingati World Tourism Day atau Hari Pariwisata Dunia yang jatuh tepat pada tanggal 27 September setiap tahunnya. Hari Pariwisata Dunia telah memasuki tahun

.....

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

8 + 9 =