PARIWISATAKALTIM.com

PARIWISATAKALTIM.com

Batu Putih Jadi Destinasi Wisata

SAMARINDA-Tribun, Ratusan muda-mudi dan masyarakat Kota Tepian tumpah ruah di hukit Batu Putih, Jl. Suryanata, Samarinda, Jumat (20/10). Mereka mengikuti kegiatan ‘Tonggak Batu Putih’ yang diselenggarakan Dinas Pariwisata Kaltim bersama seluruh elemen masyarakat.

Usai bernyanyi dan tamasya bersarna, Kepala Dinas Pariwisata (Dispar) Kaltim, Syafruddin Pernyata dan Sekretaris Kota Samarinda, dan Sugeng Chairuddin menandatangani banner bertajuk ‘Abadikan Batu Putih’. Masyarakatpun lantas ikut menandatangani banner tersebut dan berharap Bukit Batu Putih tetap ada di Samarinda. Syafruddin Pernyata mendukung kelestarian Bukit Batu Putih di Samarinda. Pasalnya Bukit Batu Putih punya berbagai kelebihan yang mampu menimbulkan daya tarik Wisatawan. Letaknya di atas bukit, mampu memanjakan mata para pengunjung yang ingin menikmati keindahan Kota Samarinda dari atas bukit.

“‘Saya kebetulan di Samarinda. Ini bukit di Samarinda. Saya biasa kesini dulu dan banyak orang menanam langsat. Langsat air putih terkenal dengan manisnya. Ini kemudian jadi lahan tambang, dan pemukiman. Saya Iihat bukit yang paling eksotis ya di Batu Putih ini. Tapi kalau ditambang terus, kita gak akan punya lagi yang Seperti ini,” ungkap Kepala Dispar Kaltim.

Saat ini di Bukti Batu Putih masih terdapat aktjvitas tambang batu. Tak hanya itu di seputarannya juga telah menjadi lahan pertamhanxan Batu Bara. Hal ini tentunya mengancam kelestarian Batu Putih yang layak meniadi destinasi Wisata. Syafruddin berharap nantinya di Bukit Batu putih bisa dikelola menjadi tempat Wisata melalui Pemkot Samarinda. Pasalnya, dengan menjadi destinasi wisata, Bukit Batu Putih akan tetap lestari dan mendatangkan banyak manfaat bagi warga sekitar. “Masyarakat di sini bisa punya pekeriaan lain yang lebih mngangangkat harkat martabat masyarakat Samarinda. Mereka tidak lagi menambang batu tapi bisa berjualan, atau menarik biaya parkir” ucapnya.

Sementara itu, Sekretaris Kota Samarinda, Sugeng menjelaskan pihaknya akan berkoordinasi dengan pemprov untuk membicarakan mapping kawasan Bukit Batu Putih. “‘Tambang batu bara ini sudah beralih ke Provinsi. Jadi kita koordinasi dengan Pemprov. Minggu depan kami akan rapat tentang ini. Masalah-masalah yang ada di sini. Tambang batu di sini gak berizin. Lalu ada beberapa lahan yang dimiliki swasta dan perorangan. Nah ini akan kita bahas dulu setelah itu kita ambil langkah, ” tutur Sugeng. (dmz)

TERKAIT

AYO!!! Dukung Indonesia dalam Ajang Kompetisi Video Pariwisata

Jangan Lupa Dukung Indonesia Dalam Ajang Kompetisi Video Pariwisata UNWTO Kompetisi ini akan memberikan penghargaan kepada video promosi negara-negara yang menyadari pentingnya multimedia dalam memasarkan tujuan wisata. Voting dilakukan sampai

.....

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

9 + 7 =