PARIWISATAKALTIM.com

PARIWISATAKALTIM.com

Hutan Lindung Sungai Wain

Gambaran umum
Hutan Lindung Sungai Wain merupakan salah satu dari hutan yang ditetapkan oleh Pemerintah Pusat untuk menjadi hutan lindung dengan luas 10.025 hektar. Sungai wain sepanjang 18.300 m dengan airnya yang jernih di kiri kanannya terdapat deretan hutan bakau. Habitat binatang yang terdapat di hutan Lindung Sungai Wain mulai dari ikan, kepiting, burung, kera, orang utan dll.

Hutan ini merupakan tempat perlindunagn dari beberapa jenis “Satwa dan Flora langka Dunia” seperti: Orangutan, Beruang Madu, Bekantan, Kantong Semar dan tumbuhan endemik Balikpapan “Jahe Balikpapan” (Eltingera Balikpapanensis).

Hutan ini dapat dijelajahi dengan beberapa pilihan rute perjalanan sesuai dengan keinginan anda. Melintasi hutan rawa melalui jembatan kanopi atau menyusuri sungai dan hutan bakau dengan perahu. Pada bulan Oktober s/d Desember merupakan bulan yang tepat untuk dapat melihat Burung Enggang yang terdapat di Hutan Lindung Sungai Wain.

Lokasi
Jl. Soekarno Hatta Km.15 Kelurahan Kariangau Kecamatan Balikpapan Barat dan di Kelurahan Karang Joang

Fasilitas
• Pusat penelitian Tumbuhan dan Hewan
• Tracking bridge (Jembatan trek)
• Beberapa Pos peristirahatan Menara Pengintai (watch tower)
• Perahu Rumah “Beruang Madu”
• Rumah “Enggang”

Cara Menuju
Untuk mencapai ke lokasi Hutan Lindung Sungai Wain dapat menggunakan: Taxi Argo : ± Rp 100.000,- s/d Rp 150.000,-, Ojek : ± Rp 60.000,- s/d Rp 70.000,-, Angkutan Kota : (2 kali angkutan + ojek) Angkutan No. 3 (Rp 6.000,-) Pusat Kota (Kantor PEMKOT), Terminal Batu Ampar Angkutan No. 8 (Rp 10.000,-), Terminal Batu Ampar Km. 5 dan Ojek (± Rp 20.000,-) Km. 15 Lokasi Obyek Wisata.

TERKAIT

Museum Kayu Tuah Himba

Gambaran Umum Museum Kayu Tuah Himba terletak dikawasan Wadak Panji Sukarame. Dapat di tempuh dalam waktu 20 menit menggunakan transportasi darat dari Kota Tenggarong. Bangunan Museum bergaya rumah adat panggung

.....

Mesjid Jami Hasnuddin Tenggarong

Sejarah Mesjid Jami’ Hasaniddin Islam masuk ke Kerajaan Kutai Kartenegara sekitar 1525-1600, saat kerajaan Kutai diperintah oleh seorang raja yang bernama adji Raja Mahkota yaitu raja yang pertama memeluk agama

.....

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *