PARIWISATAKALTIM.com

PARIWISATAKALTIM.com

Planetarium Jagad Raya Tenggarong

Gambaran Umum

  • Sejarah Planetarium Jagad Raya Tenggarong
    Planetarium Jagad Raya Tenggarong dibangun sejak tahun 2002 dengan dana APBD Kutai Kartenegara dan di resmikan pada tanggal 16 April 2003 oleh Wakil Presiden RI,Hamzah Haz. Bupati Kutai Kartenegara Drs. H. syaukani HR, MM memberi nama planetarium tersebut yaitu Planetarium Jagad Raya Tenggarong.

    Planetarium Jagad Raya Tenggarong merupakan Planetarium ketiga di Indonesia yang berfungsi sebagai sarana pendidikan asronomi bagi public, dan sebagai manifestasi partisipasi Indonesia dalam mensosialisasikan program PBB berkaitan dengan masalah bumi dan Planetarium Angkatan Laut di Surabaya.

  • Pengertian Planetarium
    Planetarium merupakan tempat Teater Bintang atau Teater Alam Semesta. Di sebut demikian karena pada dasarnya ia dapat memperlihatkan isi alam semesta serta susunannya. Pada mulanya Planetarium hanya menggunakan alat peragaan mekanik, kemudian berkembang pada system proyeksi cahaya atau gambar.

    Planetarium tidak hanya memperlihatkan keadaan langit bagi suatu tempat di bumi, melainkan dapat di ubah menurut waktu sehingga proyeksi bisa menunjukkan masa yang telah lampau maupun yang akan datang. Kebebasan menetapkan tepat dan waktu adalah kesempurnaan mesin proyektor planetarium dalam menirukan alam. Kesempurnaan itu semakin meningkat dengan kecangihan system obtik yang menghasilkan citra cemerlang dan menarik.

  • Koleksi Planetarium Jagad Raya Tengarong
    Planetarium Jagad Raya Tenggarong menggunakan alat peraga berupa proyektor Skymaster ZKP 3 buatan perusahan Carl Zeiss Jerman. Proyektor ZKP 3 memilikidimensi tinggi maksimum 2750 mm dan berat 250 Kg. memiliki lebih dari 100 lensa. Proyektor tersebut dapat memproyeksikan gambar matahari,bulan, kmet, meteor,bintang, rasi, galaksi dan lain-lain.

    System proyeksi itu sangat mirip dengan kenyataan yang kita lihat, termasuk perubahan letak benda-benda tersebut. Benda-banda langit tersebut di proyeksikan pada kubah bergaris tengah 11 meter yang berfungsi sebagai layar terbuat dari pelat alumunium.

    Ruang peragaan merupakan ruang pertunjukan kapaitas 92 kursi yang ditempatkan melingkar mengelilingi proyektor. Saat pertunjukan di mulai, ruangan ini tertutup rapat sehingga cahaya tidak dapat masuk dan udara di dalamnya di atur oleh AC (Air Conditioner). Selain proyektor utama, pada Skymaster ZKP 3 terdapat juga peralatan pendukung lainnya berupa proyektor effect dan 8 buah proyektor slide yang berfungsi untuk memproyeksikan gambar.

TERKAIT

Museum Kayu Tuah Himba

Gambaran Umum Museum Kayu Tuah Himba terletak dikawasan Wadak Panji Sukarame. Dapat di tempuh dalam waktu 20 menit menggunakan transportasi darat dari Kota Tenggarong. Bangunan Museum bergaya rumah adat panggung

.....

Air Terjun Tanah Merah

GAMBARAN UMUM Terletak sekitar 8,5 Km dari Terminal Lempake, tepatnya di Dusun Purwosari Kecamatan Samarinda Utara. Air terjun Tanah Merah memiliki ketinggian sekitar 15 meter. Air yang putih mengalir dibalik

.....

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

2 + 1 =