PARIWISATAKALTIM.com

PARIWISATAKALTIM.com

Mesjid Jami Hasnuddin Tenggarong

  • Sejarah Mesjid Jami’ Hasaniddin
    Islam masuk ke Kerajaan Kutai Kartenegara sekitar 1525-1600, saat kerajaan Kutai diperintah oleh seorang raja yang bernama adji Raja Mahkota yaitu raja yang pertama memeluk agama islam. Ibukota kerajaan Kutai saat itu masih berkedudukan di Jaitan Layar atau kira-kira dikampung kutai lama yang saat ini termasuk wilayah Kecamantan annggana Kabupaten Kutai. Sebagai bukti terdapat makam Adji Raja Mahkota dan makam anaknaya Adji Raja Dilangga.Mesjid Jami Hsanuddin masuk wilayah Kesultanan Kutai Kartenegara. Cirri khas kerajaan Kutai pada jaman Raja Adji Mahkota berupa mushola kecil. Mushola ini di bangun menjai mesjid Jami Sultan Adji Mohamad Sulaiman Raja Ke 17 (1850-1899).

    Pembangunan Mesjid Jami’ Hasanuddin tahap pertama dilaksanakan pada saat Kerajaan diperintah oleh Sultan Adji Mohammad Sulaiman. Pembangunan tahap kedua oklae cucunya, sultan Adji Mohammad Parikesit dan pelaksanaan pembangunan diprakasai oleh seorang Menteri Kerajaan yang bernama H. adji Amir Hasanuddin gelar Haji Adji Pangeran Sosoro Negoro.

    Keberadaan Mesjid Jami’ Hasanuddin memiliki peran besar bagi masyarakat Tenggarong dan sekitarnya. Nilai-nilai historis mesjid ini tidak bisa dilupakan begitu saja oleh ummat Islam, khususnya yang berada di daerah ini. Maka pada saat diadakannya Seminar Sejarah Masuknya Agama Islam di Kalimantan Timur tanggal 26-28 November 1981, yang bertepatan dengan diperingatinya Abad ke-15, telah diusulkan oleh Kantor Wilayah Departemen Agama KalimantanTimur dalam suratnya No.WQ/2/2526/1981 tanggal 19 November 1981 untuk menetapkan Mesjid Jami’ Hasanuddin Tenggarong sebagai mesjid bersejarah di Indonesia.

  • Koleksi Mesjid Jami’ Hasanuddin

    1. Menara Mesjid
    2. Tiang guru
    3. Mimbar masjid
    4. Sudut mihrab masjid

TERKAIT

Tepian Sungai Mahakam

GAMBARAN UMUM Sungai Mahakam merupakan salah satu kekhasan Kota Samarinda, dimana keberadaan sungai ini sangat strategis, khususnya sebagai sarana transportasi bagi penduduk. Panorama hamparan sungai Mahakam sangat menarik dinikmati khusunya

.....

Air Terjun Tanah Merah

Air terjun Tanah Merah terletak sekitar 8,5 Km dari Terminal Lempake, tepatnya di Dusun Purwosari Kecamatan Samarinda Utara. Air terjun Tanah Merah memiliki ketinggian sekitar 15 meter. Air yang putih

.....

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

6 + 6 =