PARIWISATAKALTIM.com

PARIWISATAKALTIM.com

Pesona Wisata Alam Bukit Bangkirai

Gambaran Umum
Wisata Alam Bukit Bangkirai terletak pada Km 38 jalan Raya Soekarno-Hatta Balikpapan-Samarinda, tempatnya diperbatasannya dua kota besar di Kalimantan Timur dan Kalimantan Barat.

Kawasan Wisata Alam Bukit Bangkirai merupakan hutan alam yang dekat dengan kota dan berfungsi sebagai monument hutan tropis di Kalimantan Timur. Hutan hujan tropis ini di dominasi tumbuh-tumbuhandari family Dipterocarpaceae seluas 1500 Ha. Kawasan Wisata Alam Bukit Bangkirai (KWA-BB) berada di areal PT.Inhutani I Unit Manajemen Hutan Tanaman Industri (UMHTI).

Bukit Bangkirai diresmikan pada tanggal 14 Maret 1998 oleh Ir. Djamalludin Suryohadikusuma, mantan Menteri Kehutanan Kabinet Pembangunan VI. Kawasan ini mempunyai peran penting untuk mengembangkan monument hutan alam tropika basah. Keanekaragaman hayati yang terdapat di dalamnya yang dapat di jadikansarana pendidikan lingkungan (wisata ilmiah) dan kehutanan.

Lokasi
Dari kota samarinda, Bukit Bangkirai dapat di tempuh menggunakan transportasi darat selama 90 menit, melewati Kantor Pusat Wanariset Samboja (di km 38) menuju arah lokasi HTI (Hutan Tanaman Industri) Batu Ampar sepanjang 20 km. transportasi laut menggunakan speedboat dari pelabuhan Kampung Baru Ujung. Balikpapan dengan waktu tempuh sekitar 45 menit.

Fasilitas di kawasan Wisata alam Bukit Bangkirai:

  • Canopy Bridge
    Canopy Bridge merupakan jembatan yang pohon dengan tanjuk pohon lainnya seringkali juga dikenal dengan sebutan jembatan tajuk.Penbangunan tahap pertama dilakukan bulan Januari 1998 dan pembangunan tahap kedua sampai selesai dilakukan bulan Februari tahun 1998. Pengerjaan jembatan ini di lakukan oleh kontraktor Amerika yang tergabung dalam Canopy Contrction associated,di bantu tenaga lokal.

    Selain kayu,seluruh material yang di lgunakan dalam pembangunan Canopy Bridge adalah Baja anti karat ( Galvanized) asal Amerika Disain dan konstruksi yang di terapkan merupakan teknologi terbaru bidangnya. Hal ini dimaksudkan menjamin keamanan dan keselamatan pengunjung saat melewati jembatan. Konstruksi dan umur canopy bridge di perkirakan mampu bertahan hingga 15-20 tahun selaras dengan usia pohon Bangkirai sebagaipenyangga.

  • Rumah Besar Lamin
    Berfungsi sebagai bangunan yang berbentuk Rumah Adat Dayak yang sering di gunakan untuk rapat dan pertemuan.
    Pondok Penginapan (Cottage)Tersedia 5 cotttage sebagai tempat penginapan,bergaya rumah adat panggung dengan dilengkapi fasilitas modern antara lain: TV, AC dan Kulkas.
  • Jalan Setapak (trek)
    Berfungsi sebagai Adventure Jungle Tracking dan sarana pengamatan flora/fauna. Di sepanjang trek dapat di jumpai beragam flora/fauna unik seperti jenis burung,beruang madu,babi hutan,kera dan sebagainya.
  • Koleksi Anggrek dan Kebun Buah-buahan Hutan
    Terdapat beberapa jenis Anggrek hutan yang dikembangkan yaitu anggrek Hitam (Coelegyne pandurata), Anggrek Tebu, Sisik Naga dan lain-lain, serta anggrek silangan seperti Anggrek Kalla, Vanda, Dendorium dan sebagainya.
  • Program Adopsi Pohon dan Tanaman Memorial
    Program Adopsi Pohon adalah program yang mengajak pihak luar berpartisipasi menjadi orang tua asuh terhadap pohon yang tumbuh/berada dikawasan Bukit bangkirai dengan cara membayar iuran untuk keperluan pemeliharaan pohon tersebut.

    Program Tanaman Memorial merupakan suatu bentuk respon bagi pengunjung yang ingin memiliki kenang-kenangan setelah berkunjung yang ingin memiliki kenang-kenangansetelah berkunjung ke wisata Bukit Bangkirai dengan cara menanam di area yang telah disediakan oleh pengelolah di kawasan Bukit Bangkirai.

  • Pelatihan Outbond
    Dengan keunggulan kawasan wisata bernuasa alami, objek yang menantang serta di dukung oleh sarana yang memadai (Barak outbond, cottage, LKamin dan lain-lai

TERKAIT

Bontang Kuala

Bontang Kuala merupakan perkampungan yang masyarakatnya berdomisili atau membangun rumah didasar air laut. Sarana jalan umum, jalan gang, atau jalan yang menghubungkan rumah satu dengan yang lainnya adalah jembatan yang

.....

Situs Sendawar

Situs Sendawar terletak di tepi sungai Mahakam tepatnya di kecamatan sekolaq darat 1 km dari Kampung Sentawar, Karang Rejo Kecamatan Sekolaq Darat, yang saat ini telah berdiri “Balai Juhan” dan

.....

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *