PARIWISATAKALTIM.com

PARIWISATAKALTIM.com

Air Terjun Tanah Merah

Gambaran Umum
Terletak sekitar 8,5 Km dari Terminal Lempake, tepatnya di Dusun Purwosari Kecamatan Samarinda Utara. Air terjun Tanah Merah memiliki ketinggian sekitar 15 meter. Air yang putih mengalir dibalik batuan besar dan begitu air jatuh ke telaga di bawahnya terlihat warna sebenarnya yang tak bening. Warna coklat ini dikarenakan komposisi tanah yang notabene gambut diatas lahan hutan bercampur dengan air yang menyebabkan air menjadi keruh. Demi memudahkan pengunjung melihat seluruh pemandangan disekelilingnya, pihak pengelola membangun tangga kayu yang membelah bukit. Sehingga pengunjung lebih leluasa naik-turun bukit tanpa khawatir jatuh terpeleset.

LOKASI
Air Terjun Tanah Merah terletak di Dusun Purwosari, Kecamatan Samarinda Utara, Kota Samarinda, Propinsi Kalimantan Timur.

Fasilitas
• Pentas terbuka
• Kamar mandi
• Tempat duduk atau bangku taman
• Kolam renang
• Pendopo (gazebo) untuk istirahat
• Warung
• Areal parkir kendaraan yang luas
• Arena bermain anak-anak
• Mushola

Cara Menuju
Berjarak lebih kurang 14 km dari pusat kota Samarinda. Tempat wisata ini berada di jalan poros Samarinda-Bontang, dekat lokasi Kebun Raya Unmul Samarinda (KRUS), sekitar 15 menit. Untuk menuju lokasi ini dapat ditempuh dengan kendaraan roda dua maupun empat. Bagi yang menggunakan angkutan umum, menggunakan trayek dari Pasar Segiri ke Sungai Siring, kemudian berhenti di simpang tiga menuju Air terjun Tanah Merah, lalu dilanjutkan menggunakan ojek motor, akan tetapi akses jalan menuju lokasi air terjun ini belum diaspal. Sekitar satu kilometer akses jalan masih berbatu sehingga mengganggu kenyamanan para pengguna jalan.

TERKAIT

MONPERA / Tugu Australi

Gambaran Umum Terletak di kawasan pusat Kota, MONPERA adalah tugu yang melambangkan Keberanian Rakyat Balikpapan dalam mempertahankan Kemerdekaan Indonesia. Dilengkapi sebuah Museum kecil dengan dengan diorama indah berada di lantai

.....

Mesjid Jami Hasnuddin Tenggarong

Sejarah Mesjid Jami’ Hasaniddin Islam masuk ke Kerajaan Kutai Kartenegara sekitar 1525-1600, saat kerajaan Kutai diperintah oleh seorang raja yang bernama adji Raja Mahkota yaitu raja yang pertama memeluk agama

.....

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *