PARIWISATAKALTIM.com

PARIWISATAKALTIM.com

Sektor Pariwisata Kaltim Dianggap Seksi Dongkrak Ekonomi

KLIKBALIKPAPAN.CO – Kalimantan Timur, sebagai daerah kaya sumber daya alam selaiknya bisa mengandalkan banyak alternatif mengembangkan ekonomi. Salah satunya di potensi keindahan alam untuk berwisata.

Sektor pariwisata dianggap masih sangat seksi mendongkrak pertumbuhan ekonomi. Namun, sayangnya sampai saat ini Kaltim belum mampu mengembangkannya secara optimal.

Hal itu mencuat dalam agenda Bincang Media: Rapat Kordinasi Pemerintah, Pemerintah Daerah, Bank Indonesia, Kamis, 13/7/2017.

Agenda itu dihadiri Kepala Departemen Kebijakan Ekonomi dan Moneter Bank Indonesia Dody Budi Waluyo, Asisten Deputi Infrastruktur Pertambangan dan Energi Kemenko Kemaritiman RI, Yohanes Yudi Prabangkara.

Hadir pula Chief Economist and Director for Investor Relations, PT Bahana TCW Investment Management, Budi Hikmat.

Menurut Dodi, sektor wisata bisa dimaksimalkan sebagai satu sumber pendapatan daerah dan menggejot ekonomi. Ia mencontohkan seperti di tempat wisata Raja Ampat di Papua.

Namun untuk menggenjot sektor wisata ini diperlukan infrastruktur yang mendukung. Sekaligus sarana lain sebagai koneksi antar daerah.

Lantaran itu, besok Jumat 14/7/2017, dihelat rapat kordinasi pusat dan daerah untuk merumuskan pelbagai kebijakan di Kalimantan. Salah satunya mulai memaksimalkan sektor wisata.

Selama ini Kaltim sendiri memiliki sembilan wisata unggulan. Antara lain, Kepulauan Derawan di Kabupaten Berau, Daerah Aliran Sungai Mahakam di tiga daerah yakni Mahakam Ulu, Kutai Kartanegara dan Samarinda, riam di sepanjang Kabupaten Mahakam Ulu.

Kemudian danau dan habitat Pesut Mahakam di Kabupaten Kutai Kartanegara, angrek hitam Kersik Luwai di Kabupaten Kutai Barat, hutan mangrove dan beruang madu di Kota Balikpapan.

Sumber: klikbalikpapan.co
Reporter : Dicky Sera
Editor : Akbar Barbara

TERKAIT

AYO!!! Dukung Indonesia dalam Ajang Kompetisi Video Pariwisata

Jangan Lupa Dukung Indonesia Dalam Ajang Kompetisi Video Pariwisata UNWTO Kompetisi ini akan memberikan penghargaan kepada video promosi negara-negara yang menyadari pentingnya multimedia dalam memasarkan tujuan wisata. Voting dilakukan sampai

.....

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

7 + 6 =