PARIWISATAKALTIM.com

PARIWISATAKALTIM.com

Amplang

Amplang terbuat dari daging ikan yang digiling halus dengan campuran tepung sagu. Ikan yang biasa digunakan adalah ikan tenggiri, gabus (haruan), atau belida (ikan pipih). Setiap jenis ikan tersebut memiliki kekhasan tersendiri. Jenis ikan yang dianggap terbaik adalah ikan belida karena rasa gurihnya yang lebih enak dan tekstur daging yang lembut saat dihaluskan.

Proses pembuatan kerupuk ini relatif sederhana, tetapi sentuhan yang berbeda dari setiap pembuatnya menciptakan kekhasan tersendiri dari setiap produsen. Langkah pertama, ikan yang telah dibersihkan dari sisik dan duri digiling hingga halus. Daging yang telah halus diberi garam, bumbu-bumbu, serta air hingga rata. Lalu, dimasukkan tepung sagu dan diuleni hingga kalis. Adonan tersebut kemudian direbus atau dikukus selama kurang lebih satu jam, lalu dijemur agar menghasilkan amplang yang bagus saat digoreng.

Tahap selanjutnya adalah pemotongan dan penggorengan amplang. Adonan yang masih berbentuk gumpalan besar tadi diiris tipis, lalu dipotong memanjang atau berbentuk dadu dengan ketebalan sekitar 0,5-1 centimeter. Potongan-potongan ini digoreng dengan minyak panas hingga mengembang dan berwarna kuning kecokelatan. Setelah ditiriskan, amplang dapat disimpan dalam wadah tertutup agar tetap renyah dan tahan lama.

TERKAIT

Pisang Gapit

Kuliner ini biasa didagangkan di jalan sekitar tepi sungai Mahakam. Pisang Gapit sangat nikmat disantap sambil bersantai menikmati indahnya sungai Mahakam. Saus yang dituangkan di Pisang Gapit ini terbuat dari

.....

Ayam Cincane

Jenis kuliner yang satu ini merupakan santapan favorit masyarakat Kalimantan Timur. Pada saat proses memasak Ayam Cincane biasanya menggunakan ayam kampung karena dagingnya lebih lembut dan sehat. Setelah dimasak dengan

.....

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

1 + 3 =