PARIWISATAKALTIM.com

PARIWISATAKALTIM.com

Festival Borneo di Samarinda Kaltim

Festival Borneo merupakan salah satu agenda promosi Pariwisata dua tahunan yang digelar secara bergilir di Ibukota Provinsi se- Kalimantan dan tahun ini Provinsi Kaltim menjadi tuan rumah untuk kegiatan festival Borneo yang digelar pada 1-6 September 2015 dengan mengambil tempat di Stadion Madya Sempaja Samarinda. Acara Festival Borneo diikuti oleh 400 lebih peserta dari luar Kalimantan dan ratusan peserta se-Kalimantan. Selain duta seni budaya dari Kabupaten/kota di Kaltim, festival ini juga diikuti peserta dari sejumlah daerah dari Kalimantan Selatan, Kalimantan Utara, Kalimantan Barat dan Kalimantan Tengah.

Tema yang diusung tahun ini adalah “ Melalui Festival Borneo tahun 2015 kita wujudkan Kalimantan siap memasuki Pasar Bebas Asean dan Transformasi Ekonomi Pasca Tambang dan Migas”.

Hadir dalam kesempatan ini Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI, Arief Yahya yang sekaligus membuka acara Festival Borneo di Samarinda Kaltim pada Rabu malam (2/9) di halaman GOR Sempaja dan sempat berkeliling mengunjungi stand Expo. Stand Dinas Pariwisata,Ekonomi Kreatif dan Kominfo kota Samarinda menjadi salah satu tempat yang disinggahi Arief Yahya, yang didaulat langsung untuk potong tumpeng didampingi Gubernur H.Awang Faroek Ishak dan Kepala Dinas Parekkraf Kominfo HM. Faisal.

Sejumlah kegiatan yang ditampilkan di antaranya pawai/parade budaya yang berlangsung meriah pada hari Rabu ( 2/9 ) mulai pukul 14.00 sampai 16.30 Wita di Komplek Stadion Madya Sempaja Samarinda dengan tema “Wonderful of Borneo”. Pawai/ Parade Budaya dibagi dalam 3 kategori yaitu kategori Provinsi se-Kalimantan, kategori Kabupaten/kota se Kalimantan Timur dan kategori etnis yang diikuti oleh peserta dari 5 Provinsi se-Kalimantan dan Kabupaten /kota se-Kalimantan Timur. Tiap peserta tampil antusias unjuk kebolehan melalui atraksi seni selama kurang lebih 5 menit di depan panggung kehormatan dengan iringan musik yang sudah dipersiapkan oleh peserta. Tampak kostum kedaerahan (local etnik) dari masing-masing peserta pawai. Penonton yang menyaksikanpun kagum dengan nuansa kedaerahan yang ditampilkan oleh para peserta.

Kegiatan lain yang juga bakal ditampilkan yaitu Carnaval pada Kamis (3/9) pukul 14.00 Wita dengan tema “Wonderful Borneo Carnival”, lomba tari kreasi daerah pedalaman dan Pesisir antar Provinsi se- Kalimantan dan Kabupaten/Kota se-Kalimantan Timur yang akan dilaksanakan pada Kamis malam (3/9) dan Jum’at malam (4/9) pukul 19.00 Wita sampai selesai, lomba musik dan lagu daerah pada hari Sabtu (5/9) dimulai pukul 10.00 Wita, lomba busana daerah pada hari Jum’at (4/9) pukul 14.00 – 16.30 Wita dan eksebisi putri Pariwisata bertempat di Stadion Madya Sempaja Samarinda serta lomba kuliner tradisional pada Sabtu (5/9) bertempat di Big Mall dimulai pukul 10.00 Wita yang diselenggarakan oleh Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Kalimantan Timur bekerja sama dengan pengurus PKK Provinsi Kaltim ,PHRI dan APJI.( Ev93)

TERKAIT

Happening Art Kaltim Menggemparkan Jogjakarta

Diprakarsai oleh Dinas Pariwisata Provinsi Kalimantan Timur akan menggemparkan jogja dengan dalam ajang #BorneoExtravaganza dengan menyisir Malioboro serta menarik para pengunjung lewat atraksi-atraksi Seni Budaya yang dimiliki Oleh Kesepuluh Kabupaten/

.....

1 comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

2 + 6 =